Monday, June 25, 2012

Pelatih Sepakbola - Pelatih Bola Terbaik/Hebat Sepanjang Masa


Josep Guardiola merupak pelatih yang menduduki peringkat pertama dalam daftar pelatih sepak bola hebat, bukan tanpa sebab gelar tesebut disematkan kepadanya dengan mengantarkan El-Barca meraih kemenangan sebanyak enam kali dalam waktu satu tahun.kejelian dan kegigihannya dalam melatih sebuah tim banyak mendapatkan pujian dari Sir Alex Ferguson bahwa hanya dia lah yang pantas menggantikan posisinya dalam melatih tim inggris yaitu Manchester City.

Sir Alex Ferguson sendiri merupakan pelatih yang tidak gampang bosan dalam melatih sebuah klub, dan hal tersebut banyak dikagumi oleh para pelatih tenar lainnya. Dalam caranya membangun semangat dan mengajarkan bagaimana filosofi dalam bekerja sama dengan baik, diluar lapangan pun Sir Alex mampun menjadi guru yang baik dengan mengajarkan banyak hal kepada anak didiknya. Startegi yang dia hasilkan dalam tenggang Injury time, berhasil membawa Manchester United dalam kemenangan.



Jose Mourinho pelatih asal Portugal tersebut dikenal sebagai juru taktik yang dingin dan juga pintar dalam memberikan motivasi kepada anak didiknya.Keberhasilannya dalam membawa dua klub untuk memenangkan pertandingan tentunya menjadi kebanggan tersendiri untuk Mourinho, kepandaiannya dalam meracik strategi dan membaca kelemahan lawan membuat klub yang ditanganinya mempunyai harapan untuk menang dalam setiap kompetisi.

Raul Gonzalez disebut-sebut bisa menjadi pelatih sepak bola yang hebat dimasa yang akan datang oleh Fernando Hierro salah satu pemain Real Madrid. Menurut Hierro, Raul telah memenuhi berbagai persyaratan untuk menjadi seorang pelatih yang hebat. Mereka berdua pernah satu tim saat masih membela El Real dan Timnas Spanyol selama periode 1998 hingga 2002. Begitu terlihatnya potensi yang ada dalam diri Raul tentang bagaimana sifat melatih yang telah ada dalam dirinya, sampai dengan cara memberikan pengarahan kepada rekan-rekannya, membuat Hierro memberikan saran jika suatu saat nanti Raul memilih menggantungkan sepatunya hendaknya Raul bisa menjadi seorang pelatih yang handal.

Selain itu ada Pep Guardiola mendukung Tito Vianova asistennya untuk menjadi pelatih baru bagi Barcelona, Vilanova adalah sosok yang cukup hebat bahkan manajemen Barca mempromosikan Vilanova sebagai pelatih utama.Tentuya hal tersebut menuai pertanyaan dari berbagai pihak karena bagaimanapun kemampuan Vilanova belum terbukti kualitasnya, namun pihak Barca tetap pada keputusannya untuk mempromosikan Vilanova.

Pep yakin bahwa Tito Vilanova mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, bahkan pada November 2011 Pep makan malam dengan Direktur Olah Raga Andoni Zubizarreta dan mengatakan padanya bahwa Villanova cocok untuk dijadikan pelatih Barca berikutnya. Pep sendiri mendapatkan penobatan sebagai pelatih terbaik dunia yang diberikan FIFA olehnya pada tahun 2011. 

Dalam versi IFFHS (Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola, Guardiola terpilih sebagai pelatih klun dunia 2011. Perstasi tersebut didapatkan karena Guardiola sukses membawa Barca meraih tiga trofi kejuaraan sepanjang satu tahun lalu yaitu La Liga, Liga Champions, dan Piala Dunia antarklub. 

Penghargaan tersebut adalah yang kedua kalinya setelah pada tahun 2009 Guardiola juga mendapatkan penghargaan yang sama. Pemilihan tersebut dilakukan berdasarkan survei yang dilakukan di delapan satu negara yang berbeda dan Guardola berada pada posisi teratas dengan perolehan poin 201, menyul Jose Mourinho pelatih Manchester United sebanyak 112 poin dan 107 poin diperoleh oleh Sir Alex Ferguson.

Dalam survei yang dilakukan oleh para ahli di 81 negara yang berbeda, Guardiola berada di posisi teratas dengan 201 poin diikuti pelatih Real Madrid dan Manchester United; Jose Mourinho (112 poin) dan Sir Alex Ferguson (107 poin).