Monday, June 25, 2012

Juara Piala Eropa 2012 - Euro 2012


Banyak yang memprediksi Juara Piala Eropa 2012 akan jatuh kepada Jerman dan Belanda dimana mereka akan berhasil membawa pulang trofi kemenangan. Klub yang  paling bergengsi dalam ajang ini adalah Spanyol, Jerman, Belanda, Denmark dan Portugal, tentunya setiap klub mempunyai kemampuan dan cara tersendiri untuk bisa mendapatkan trofi kemenangan tersebut. 

Memang akan sulit memprediksi mana klub yang akan menang, mengingat klub-klub tersebut merupakan klub yang paling sering mendapatkan trofi kejuaran EURO. 

Piala Eropa 2012 atau yang biasa disebut EURO 2012, akan berlangsung pada tanggal 8 Juni hingga 1 juli 2012 di Ukraina dan Polandia sebagai tuan rumah, hasil dari pengundian yang dilakukan UEFA asosiasi yang menangani kejuaran Piala Eropa. Kejuaraan tersebut telah memperiapkan 16 team yang siap menuju babak final, setelah lolos melalui babak prakualifikasi yang akan dibagi menjadi empat grup.

 
Polandia tentunya banyak melakukan persiapan sebagai tuan rumah dalam acara pembukaan EURO 2012, Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan bahwa persiapan telah selesai 100%. Menteri Olah Raga Polandaia Joanna Mucha juga mengatakan bahwa Polandia telah mencapai kesiapan operasional yang sesuai dengan rencana. 

Stadion Nasional Waraswa pun dipersiapkan dengan baik, dengan kapasitas 58.145 kursi yang dibangun pada tahun 2010 digunakan sebagai ajang pertandingan EURO 2012 untuk pertandingan penyisihan grup pertama, satu perempat final dan satu semifinal.

Stadion Nasional Warsawa mempunyai warna yang bernuansa putih dan merah yang melambangkan bendera Polandia yang sedang berkibar, dirancang oleh desainer JSK Architekci yang berasal dari perusahaan Municipal Wroclaw. 

Karena kemegahan dan besarnya bentuk bangunan Stadion Nasional Warsawa merupakan kebanggaan masyarakat Polandia yang akan menjadi saksi pembukaan pesta sepak bola terakbar negara-negara Eropa, Piala Eropa 2012. 

Stadion Warsawa dibangun diatas stadion lama yang bernama Tenth Anniversery yang berdiri sejak tahun 1955, walaupn stadion tersebut khusus digunakan untuk melaksanakan pertandingan sepak bola namun sering juga digunakan untuk cabang alteltik dan balap sepeda pada tahun 1983.

Dalam Piala Eropa 2012 akan menampilkan maskot kembar yang bernama Slavek dan Slavko, pemilihan nama tersebut berdasarkan hasil poling yang dilakukan melalui situs UEFA.com pada restoran cepat saji McDonal’s. Slavek dan Slavko menggambarkan dua icon yang mempunyai sosok yang muda dan dinamis sama halnya dengan Polandia dan Ukraina.

Selain stadion warsana, terdapat juga stadion lainnya yaitu stadion Narodowy yang tidak kalah megah dengan stadion Warsawa. Stadion tersebut mempunyai kapasitas yang lebih sedikit dari stadion Warsawa dengan jumlah 58.000 tempat duduk, dan termasuk bangunan baru karena dibangun pada tanggal 17 Februari 2010 dan dibuka resemi untuk umum pada tanggal 24 Juni 2011. 

Setelah pembangunan tersebut Stadion Narowody mengalami perubahan yang cukup menakjubkan dan mempunyai konstruksi dan sistem perlengkapan yang modern seperti bisa bergesernya atap pada stadion tersebut. Semoga dengan terpilihnya Polandia sebagai tuan rumah dalam kejuaraan EURO kali ini bisa mendapatkan trofi kemenangan yang membangggakan, dan bisa memberikan kepuasan bagi negara lainnya ketika berada disana dalam rangka mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Siapapun yang akan menjadi juara dalam pertandingan Piala Eropa 2012 kali ini, tentunya akan memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pendukungnya, untuk Negara bahkan untuk klub itu sendiri.